Perkembangan penduduk Kotamadya Bandung yang sangat pesat akan berimplikasi pada berbagai unsur-unsur perkotaan. Salah satu unsur perkotaan yang terdapat di Kotamadya Bandung adalah unsur Suka, yang berfungsi memenuhi kebutuhan penduduk pada berbagai jenis kegiatan rekreasi dan hiburan. Anak-anak sebagai salah satu bagian dari aspek kependudukan merupakan warga kota yang dalam interaksi pada lingkungan perkotaan membutuhkan berbagai unsur perkotaan yang ada termasuk didalamnya unsur Suka.
Dalam penyediaan fasilitas rekreasi bagi penduduk Kotamadya Bandung. Seluruh komponen penduduk merupakan potensi pasar yang luas dan beragam. Salah satu komponen penduduk adalah golongan anak-anak usia 5-9 tahun dengan jumlah yang signifikan di Kotamadya Bandung. Sementara itu orientasi penyediaan fasilitas rekreasi berdasarkan target market anak-anak yang sesuai dengan kebutuhan penduduk relatif belum tersedia apabila ditinjau dari aspek kualitatif Anak-anak dengan kondisi emosional yang berbeda dengan manusia dewasa akan membutuhkan fasilitas rekreasi yang berbeda dengan fasilitas rekreasi pada umumnya.
Untuk mengetahui sejauh mana penyediaan fasilitas rekreasi anak-anak di Kotamadya Bandung, maka dilakukan studi Identifikasi penyediaan fasilitas rekreasi anak-anak di Kotamadya Bandung, dengan pendekatan kesesuaian penyediaan, komponen penyediaan, dan manfaat fiingsional fasilitas rekreasi tersebut. Pemfokusan studi pada kelompok usia anak-anak disebabkan karena aktifitas bermain yang merupakan aktifitas bersuka merupakan aktifitas fungsional yang serius apabila ditinjau dari pendekatan perilaku (behavioural Approach).
Hasil studi menunjukkan bahwa dari jumlah keseluruhan penyediaan fasilitas rekreasi Kotamadya Bandung, sebagian besar merupakan fasilitas rekreasi dengan target market seluruh usia dan hanya sebagian kecil lainnya yang khusus ditujukan bagi anak-anak.
Selain itu kecenderungan penyediaan fasilitas rekreasi anak-anak di Kotamadya Bandung mengindikasikan bahwa inovasi manusia melalui pemanfaatan lahan yang dipadukan dengan penerapan teknologi modern dalam penyediaan fasilitas, informasi dan promosi yang bersifat aktif dan berkala mampu meningkatkan daya jual dan daya tarik fasilitas rekreasi dengan target market anak-anak.
sumber : By: Achmad Rian
Departemen Teknik Planologi-ITB
Created: 2000-02-07 , with 1 file(s). http://pl.lib.itb.ac.id

 

Copyright by, Eko Nursanty-Arsitektur UNTAG Semarang-2008.